MENURUNKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MENJADI TUJUAN PEMBELAJARAN

 

MENURUNKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

MENJADI

TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Oleh: Mursal Y

Guru SMAN 1 Ampek Angkek

Kab. Agam Sumbar

 

 

Capaian Pembelajaran atau sering disingkat dengan CP merupakan sekumpulan kompetensi dan ruang lingkup materi yang tersusun secara komprehensif.  Capaian pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan.  Fase perkembangan menyusuaikan dengan perkembangan fisik dan psikis peserta didik.  Kompetensi dan ruang lingkup materi yang harus dicapai peserta didik disusun  dan dikelompok berdasarkan fase-fase perkembangan tersebut. Pada kurikulum merdeka fase perkembangan peserta didik dikelompokan mulai dari fase A sampai F. 

Fase A kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase B Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase C Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase D Kelas  7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B

Fae E Kelas 10 SMA/MA/SMALB/Paket C

Fase F Kelas 11-12 SMA/MA/SMALB/Paket C

 

Sebelum membahas menurunkan Capaian pembelajaran (CP) menjadi tujuan pembelajaran (TP) ada baiknya kita melihat beberapa persamaan istilah yang terdapat pada kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Hal ini guna menghubungkan pemikiran kita antara kedua kurikulum tersebut sehingga kita bisa memahami kalau segmen-segmen yang kita temui pada kurikulum merdeka bukanlah hal yang baru sama sekali. Meskipun demikian bukan berarti antara keduanya suatu hal sama persis  melainkan adanya persamaan-persamaan.  Persamaan-persamaan tersebut anatara lain:

 

 Kurikulum 2013

 Kurikulum Merdeka

Promes (Program semester)

Prosem (Program semester)

Silabus

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Rencana Pembelajaran

Modul Ajar + (plus)

Kompetensi Inti (KI)

Capaian Pembelajaran (CP)

Kompetensi Dasar (KD)

Tujuan Pembelajaran (TP)

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Indikator  ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)

Penilaian Harian (PH)

Sumatif

Penilaian Tengah Semester (PTS)

Sumatif Tengah Semester (STS)

Penilaian Akir Semester (PAS)

Sumatif Akir semester (SAS)

Indikator Penilaian

Indikator Asessmen

Penilaian Teman sejawat

Formatif

 

Dari info grafis di atas tergambar bahwa CP yang kita temukan pada kurikulum merdeka sama posisinya dengan KI di kurikulum 2013 dan TP sama dengan KD di kurikulum 2013. Perbedaanya KI Telah disusun dan ditetapkan secara rinci sedangkan CP berisi komptensi dan ruang lingkup materi secara komprehensif yang disusun dalam bentuk narasi. KD sudah sudah ditetapkan oleh kurikulum melalui permendikbud nomor 24 tahun 2016 sedangkan TP disusun dan dirumuskan oleh guru mata pelajaran.

Penyusunan dan perumusan TP oleh guru mata pelajaran ini salah satu esensi kemerdekaan yang diberikan oleh kurikulum kepada guru. Guru memiliki keleluasaan dalam merumuskan TP berdasarkan lingkup materi, pertimbangan perkembangan peserta didik, kebutuhan belajar peserta didik, perkembangan dan azas keterpakaian dalam kehidupan peserta didik serta hal yang kontektual yang dihadapi dalam kehidupan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menurunkan CP menjadi TP:

 

1.    Menganalisis Capaian Pembelajaran atau Analisis CP

Pemerintah menetapkan capaian pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditargetkan dikuasai oleh peserta didik dalam satu fase. Namun demikian CP belum konkret untuk memandu guru dalam kegiatan pembelajaran. CP perlu diuraiakan menjadi tujuan pembelajaran supaya lebih operasional dan kongkret satu persatu sehingga peserta didik mencapai mencapai kompetensi yang ditetapkan di setiap akir fase.

Menguraikan CP menjadi tujuan pembelajaran memberikan kemerdekaan atau keleluasaan kepada guru untuk merancang pembelajaran dari awal yang disesuaikan dengan konteks lingkungan dan budaya serta hal-hal yang mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara menyeluruh. Guru dalam menguraikan CP ke dalam bentuk TP harus memahami dengan baik Capaian Pembelajaran mata pelajaran yang diampunya.

Untuk memahami CP mata pelajaran ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru seperti memahami  rasional karakteristik mata pelajaran, untuk memehami CP ini dapat dibaca tulisan sebelumnya, “CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN PERSIPAN PEMBELAJARAN”

 https://historicalsmart.blogspot.com/2023/06/capaian-pembelajaran-dan-persipan.html  Memahamai capaian pembelajaran membantu guru untuk mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari peserta didik pada fase-fase pembelajaran.

            Capaian pembelajaran yang diberikan oleh pemerintah ditulis dalam bentuk paragraf yang memadukan antara ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Pemaduan aspek pengetahuan dengan keterampilan bertujuan agar peserta didik mempelajari ilmu pengetahuan sebagai rangkaian yang berkaitan dan holistik. Menganalisis capaian pembelajaran sangat dibutuhkan oleh pendidik agar dapat mengetahui;

·         kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik pada akir fase

·         kata-kata kunci apa yang penting dalam CP

·         hal-hal yang kemungkinan sulit dipahami peserta didik

·         apa target yang harus dicapai dalam pembelajaran

·         pada semester berapa bagian CP diberikan kepada peserta didik

·         berapa alokasi waktu yang tersedia

 

Analisis CP juga bermanfaat bagi guru untuk memantik ide-ide pengembangan rancangan pembelajaran.

            Ada berbagai cara yang dilakukan guru dalam menganilis CP salah satunya adalah dengan membuat infografis atau format.  Berikut ini salah satu bentuk formats yang dapat digunakan oleh guru:

 

ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

Nama Satuan Pendidikan : SMAN 1 ………….

Mata Pelajaran                     :  ……………………

Fase                                       : ………….

Kelas                                      : ………….

Alokasi Waktu                      : ………….

Guru Mata Pelajaran           : ……………

 

NO.

Semester

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Kompentensi

(KKO)

Kata-kata kunci

Materi

Aloksi Waktu

1

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

1

2

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

 

                                                                                      ………, ……………….2023

Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran

 

_______________                                                    __________________

 

2.    Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Hasil analisi CP selanjutnya harus diturunkan oleh guru ke Tujuan Pembelajaran (TP). Ide-ide tentang apa yang harus dipelajari dan kuasasi oleh peserta didik dalam satu fase diolah dengan menggunakan kata-kata kunci yang diperoleh dalam analisis Capain Pembelajaran (CP).  Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk prilaku kompetensi yang harus dikuasai, aktual dan terukur sesuai dengan apa yang diharapkan dikuasai dan dimiliki oleh peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum merumuskan TP;

a.    Mengetahui jumlah CP dalam satu CP

Capaian pembelajaran (CP) yang diberikan dalam satu fase disusun dalam beberapa Tujuan pembelajaran (TP).  Maka langkah  pertama yang dilakukan  adalah menghitung jumlah TP yang harus disusun dalam satu tahun atau dalam satu fase.  Cara menghitung jumlah TP ini adalah dengan mencermati kompetensi  yang harus dikuasi oleh peserta didik dalam satu fase.

Karena CP diberikan dalam bentuk narasi, biasanya masing-masing kompetensi akan dibatasi oleh tanda baca bisa berupa titik (.), koma (,) titik koma (;) dan tanda baca lainnya tergantung CP masing-masing mata pelajaran. Jumlah TP dalam sebua CP sebanyak tanda baca yang memisahkan kalimat narasi tersebut, atau sekurang-kurangnya jumlah TP adalah sebanyak Kata kerja Operasional (KKO) yang terdapat di dalam CP.

b.    Menganlisis keterkaitan masing-masing TP dengan elemen

Elemen mata pelajaran berisikan kompetensi yang harus dimiliki peserta didik serta  keterampilan proses apa yang dilakukan selama pembelajaran dalam satu fase.  Menganalisis masing-masing TP yang akan disusun dengan elemen sangat penting dilakukan agar TP yang disusun oleh guru bisa memenuhi tuntutan kompetensi yang terdapat dalam CP.

c.    Menurunkan KKO yang ada dalam CP untuk masing-masing TP ke dalam bentuk indikator.

Dalam buku panduan pembelajaran dan asessment tidak terdapat uraian yang mengharuskan guru menurunkan KKO Capaian Pembelajaran ke dalam bentuk indikator.  Namun demikian penulis menyarankan sebaiknya guru sebelum merumuskan tujuan pembelajaran menurunkan KKO terlebih dahulu ke dalam bentuk indikator.  Menurukan KKO ke  bentuk indikator akan membantu guru dalama menyusun KKTP dan asessment nantinya.  Untuk menurunkan ke indiator guru bisa menggunakan  taksonomi bloom atau taksonomi Bloom yang telah disempurnakan yang sering juga disebut dengan taksonomi Anderson. Hanya saja disini guru harus konsisten dalam menggunakan taksonomi, kalau menggunakan taksonomi Bloom, seluruhnya menggunakan taksonomi Bloom begitu juga sebaliknya.

Langkah selanjutnya adalah menyusun Tujuan Pembelajaran (TP). Penulisan Tujuan Pembelajaran sekurang-kurangnya mengandung komptensi dan lingkup materi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran dirumuskan mengandung unsure ABC dan D, yaitu audiens, behavior, condition dan degree, ruang lingkup materi serta metoda yang digunakan. Secara sederhana bentuk rumus tujuan pembelajaran (TP) seperti berikut:

Setelah proses pembelajaran dengan metode ……………. Peserta didik mampu:

  1. Memahami (KKO indikator)  ………  (lingkup materi)
  2. Menjelaskan (KKO indikator) …….   (lingkup materi)
  3. Dst

Dengan baik.

 

Tujuan pembelajaran yang disusun oleh guru sebaiknya dituangkan dalam bentuk format yang memuat CP, TP, Indikator, Elemen, Materi dan hal lain yang dianggap perlu oleh guru.

 

Salah satu bentuk format dapat dilihat dalam contoh berikut ini

 

Contoh fromat TP

TUJUAN PEMBELAJARAN

(TP)

Nama satuan pendidikan: …………………

Mata Pelajaran                     : ……………….

Fase                                       : …………….

Kelas                                      :

 

No

CP

Tujuan Pembelajaran

Indikator

Elemen

Materi

Jam

 

 

1.    …….

1.    ….

2.    …..

3.    ….

4.   

 

 

 

 

 

2.

 

 

Dst.

1.    ,,,,

2.    …..

3.    …..

4.     

 

 

 

                                                                                ………….., …………….. 2023

Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran

 

 

______________                                                     __________________

 

 

*perlu dipahami bahwa tidak ada bentuk format yang baku, bentuk format dapat dikembangkan oleh masing-masing guru atau disepakati oleh satuan pendidikan untuk keseragaman

 

 

Terimakasih

Semoga bermanfaat

1 komentar:

PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA KE NUSANTARA

                                         PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA KE NUSANTARA   Oleh: Mursal Y    ...