CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN PERSIPAN PEMBELAJARAN
Oleh: Mursal Y
Guru SMAN 1 Ampek Angkek. sumbar
Beberapa perubahan yang terjadi pada kurikulum merdeka
dari apa yang selama ini diterapkan pada kurikulum 2013 pada prinsipnya
memberikan kemerdekaan atau keluluasaan kepada guru dalam proses pembelajaran
termasuk masalah materi dan penekanan pembelajaran. Kalau dalam kurikulum 2013
harus menyampaikan konten pembelajaran yang sudah diatur dan disedikan dalam
bentuk kompetensi dasar atau yang dikenal dengan KD sedangkan pada kurikulum
merdeka guru memeiliki keleluasaan karena yang disediakan dalam bentuk capaian
pembelajaran atau CP yang bisa dikembangkan oleh guru sesuai dengan kekhasan
daerah dan karakter satuan pendidikan.
Sebelum membahas tentang apa yang harus dilakukan guru
dalam mempersiapkan pembelajaran pada kurikulum merdeka ada beberapa hal yang
sebaiknya kita pahami terlebih dahulu. Pertama: Perubahan kurikulum dari
kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka harus dipandang sebagai bentuk
penyempurnaan kurikulum bukan penggantian kurikulum. Perubahan dan
penyempurnaan bukan berarti semuanya baru dan yang lama tidak terpakai sama
sekali. Kedua: Beberapa komponen yang disiapkan dan dikerjakan
oleh guru pada kurikulum merdeka juga telah kita lakukan di kurikulum sebelumnya
namun nama dan penekanannya berbeda. Hal ini dapat dicontohkan: Silabus pada
Kurikulum 2013 , di kurikulum merdeka Alur Tujuan pembelajaran (ATP), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada
kurikulum 2013 di kurikulum merdeka
modul ajara, ada juga yang menyebut modul ajar adalah RPP plus, Kompetensi Inti di kurikulum 2013 pada
kurikulum merdeka Capaian Pembelajaran (CP), KD pada kurikulum 201`3 d
kurikulum merdeka Tujuan Pembelajaran (TP),
dan beberapa persamaan lainnya. Hal ini penting kita pahami sehingga
kita tidak gagap dalam menghadapi dan menyikapi perubahan kurikulum.
Memahami
CP dalam Persiapan Perangkat Pembelajaran
Kompetensi mutlak yang harus dimiliki seorang guru adalah
kemampuan untuk merencanakan pembelajaran, kemampuan untuk melaksanakan
pembelajaran, kemampuan untuk mengevaluasi atau melakukan asessmen pembelajaran
dan kemampuan untuk melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi atau asessmen.
Keempat kemampuan tesebut merupakan tugas utama yang dilakoni guru. Keempat
tugas utama tersebut harus dipahami dan dilakoni guru dengan benar dan saling
terkait dan terhubung. Kemampuan, cara, teknik dan strategi guru dalam
menjalankan keempat tugas utama ini akan sangat mempengaruhi hasil belajar yang
dilakasanakan nantinya.
Dari uraian di atas jelas tergambar bahwa hasil dan
kulitas pembelajaran diawali oleh perencanaan pembelajaran yang baik. Langkah
awal yang dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran adalah menyusun
perencanaan pembelajaran atau yang sering lebih popular di kalangan guru
dikenal dengan sebutan perangkat pembelajaran. Pergeseran istilah dari
penyusunan perencanaan pembelajaran menjadi perangkat pembelajaran secara tidak
sadar kadang telah mengubah arti dari
fungsi perencanaan itu sendiri. Perencanaan pembelajaran yang dianggap sebagai
perangkat pembelajaran sering menjadikan tugas utama kita dalam perencanaan
hanya sebagai kebutuhan administrative saja. Perencanaan pembelajaran atau
perangkat pembelajaran harus menjadi landasan yang bisa membantu guru dalam melaksanakan
dan mengevaluasi pembelajaran.
Penyusunan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru akan sangat dipengaruhi oleh cara mereka membaca dan memahami setiap
tuntutan yang ada dalam kurikulum. Sebelum menyusun perencanaan pembelajaran
seyogyanya guru terlebih dahulu memahami tuntutan yang diamanat oleh kurikulum
pada masing-masing mata pelajaran. Pemahaman tuntutan yang diamanat oleh
kurikulum ini sangat mempengaruhi perencanaan pembelajaran yang disusun oleh
guru. Misalnya pada kurikulum kurikulum 2013 sebelum menyusun Silabus dan RPP
guru hmemulainya dengan melakukan analisis keterkaian KI-KD dan Indikator,
sering terlupakan untuk memahami raung lingkup dan tujuan pembelajaran mata
pelajaran. Begitu juga dengan kurikulum
merdeka. Sebelum menyusun TP, ATP dan Modul ajar ada beberapa hal yang harus dipahami
dan dicermati oleh guru telebih dahulu.
- Memahami
Rasional Mata Pelajaran
Sebelum
menyusun perencanaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran yang harus
dilakukan guru pertama sekali adalah memahami rasional mata pelajaran yang ada
di Capaian Pembelajaran (CP). Memahami
Rasional mata pelajaran ini sangat penting dilakukan karena akan memberikan
gambaran jelas kepada guru tentang mata pelajaran yang diampunya. Pemahaman guru terhadap rasional mata
pelajaran akan menuntunya untuk berfikir dan menganalisasi tutntutan dan
cakupan mata pelajaran yang diharapkan atau diinginkan oleh capaian
pembelajaran. Apa bila guru memahami rasional mata pelajaran maka dia
akan mengetahui alasan pentingnya mata pelajaran tersebut untuk dipelajari.
Memahami
rasional mata pelajaran akan membantu guru untuk melakukan pekerjaan berikutnya
yaitu melakukan analisis capaian pembelajaran. Guru dalam melakukan analisi
capaian pembelajaran akan mempunyai pedoman yang jelas dalam memperlkukan
setiap butir-butir CP yang ada. Kedalaman materi yang dibelajarkan di
masing-masing CP akan dirahkan oleh pemahaman rasional mata pelajaran yang
dimiliki guru, bukan hanya sekedar penilaian subjektiftas smeta tentang penting
tidak pentingnya materi diajarkan kepada peserta didik melainkan berdasarkan
pemikiran untuk apa dan apa pentingnya materi itu diajarkan.
Memahami
rasional mata pelajaran juga akan memberikan gambaran kepada guru tentang
fungsi dan ruang lingkup mata pelajaran yang diampunya. Pemahaman akan fungsi
dan ruang lingkup mata pelajaran ini sangat penting oleh guru. Guru akan mengetahui kompetensi apa yang
harus diberikan kepada peserta didik sebagai bekal baginya. Ruang lingkup mata
pelajaran akan memberikan batasan minimal kompetensi yang harus diajarkan dan
dicapai oleh peserta didiknya.
- Memahami
Karakteristik Mata pelajaran
Karakteristik
mata pelajaran berisi ruang lingkup materi, elemen-elemen mata pelajaran serta
deskripsinya. Langkah berikut yang dilakukan guru adalah memahami karakteristik
mata pelajaran yang diampunya. Memahami
karakteristik mata pelajaran adalah hal yang sangat penting . Pada
karakteristik mata pelajaran guru akan memahami ruang lingkup setiap materi ajar
yang akan diberikan kepada peserta didik. Pemahaman ini akan membuat guru tidak
lagi berdebat dengan dirinya sendiri,tentang penting tidak pentingnya satu
materi. Penting tidak pentingnya materi didalami lebih atau tidak akan
ditentukan oleh ruang lingkup dan elemen-elemen yang baik elemen pengetahuan, elemen
keterampilan mauapun elemen sikap yang
harus diberikan dan dimiliki oleh peserta didik. Selain dari itu memahami ruang
lingkup dan elemen-elemen mata pelajaran akan sangat berguna bagi guru untuk
merancang dan menentukan strategi, metode dan media pembelajan yang akan
digunakan.
- Menganalisis
Capaian Pembelajaran
Kurikulum
merdeka memeberikan keleluasaan kepada guru dalam penenetuan dan pemberian
konten pembelajaran. Berbeda dengan kurikulum 2013 guru diikat dengan KD yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pada
kurikulum merdeka guru diberikan capaian pembelajaran yang berisi kompetensi
pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase
perkembangan. Capaian pembelajaran yang
diberikan berdasarkan fase perkembangan peserta didik memberikan keleluasaan
kepada guru untuk menentukan pemberian CP di masing-masing fase dan smester.
Selaian dari itu guru juga mendapat kemeredekaan atau keluluasaan untuk
menentukan kedalaman masing-masing CP sesuai dengan karakteristika daerah serta
potensi yang dimiliki oleh satuan pendidikan.
Terimakasih.
Tulisan lainnya: MENGENAL KURIKULUM MERDEKA
BAGI SISWA BARAU KLS
X SMA
Dapat dibaca pada:
https://historicalsmart.blogspot.com/2023/07/mengenal-kurikulum-merdeka-pada-jenjang.html
Sabana segeh
BalasHapustarimo kasih nyiak
HapusLuar biasa uraiannya dengan memberikan comparasi pada tiap items yang diuraikan.
BalasHapusNamun perlu ditambah penjelasan tentang kekhasan CP dari kurikulum merdeka dan juga hal2 yang perlu dipahami saat menyiapkan modul ajarnya.
Mantap...
BalasHapusLanjtkan Pak Mursal
BalasHapusMantaap... Sal..
BalasHapus